Electricity Lightning

Selasa, 17 Januari 2017

Cara merubah jaringan IP Address jaringan komputer

Cara Merubah IP Address Jaringan Komputer
Patar Tambunan Jaringan 29 Comments
Cara Merubah IP Address Jaringan Komputer – Pernahkah anda ingin merubah ip address komputer? Seperti telah disinggung pada postingan sebelumnya bahwa ip address merupakan deretan angka biner yang unik yang digunkan untuk mengidentifikasi tiap komputer host dalam jaringan komputer.

Kali ini akan dijelaskan bagaimana cara mengubah ip address komputer dengan cara yang mudah. Mengubah ip address penting kita lakukan jika terdapat conflict ip pada jaringan yang kita pakai, hal tersebut bisa saja terjadi jika dua komputer atau lebih menggunkan ip address yang sama.

Jika conflict ip terjadi pada jaringan, tentu saja komputer tersebut tidak mampu melakukan komunikasi di dalam jaringan sebagaimana normalnya. Jika conflict ip terjadi biasanya sistim windows juga akan memberitahukan bahwa ip address anda mengalami conflict.

Mengganti ip address juga sering dilakukan untuk mempermudah mengenali suatu device pada jaringan seperti pada printer dan komputer server. Dengan mengganti ip address akan membuat komputer tersebut menggunakan ip statis atau tidak berubah, sehingga akan mudah diingat dan dikenali.

Oke, langsung saja sebagai contoh dibawah ini kita akan merubah ip address pada sebuah jaringan komputer. Untuk melihat ip address yang sedang anda gunkan sekarang caranya cukup mudah yaitu dengan membuka command prompt anda dengan cara menekan Win + R di keyboard anda kemudain ketik cmd dan tekan enter atau anda boleh pergi ke  Start –> All Programs –> Accessories –> dan buka Command Prompt.

Setelah command prompt terbuka ketikkan perintah ipconfig dan tekan enter. Lihat gambar berikut ini, klik gambar untuk melihat ukuran penuh.

Dari gambar diatas ip address yang sedang digunkan adalah 192.168.10.105 inilah yang akan kita rubah. Untuk mengubah ip address tersebut caranya cukup mudah, anda buka Open Network and Sharing Center dan klik Internet Connection –> klik Properties –> selanjutnya double klik Inernet Protocol Versions 4 (TCP/IPv4) dan kemudian pilih Use the following IP Address: lihat gambar berikut ini.
Pada kotak isian IP address isilah ip address yang baru yang anda inginkan seperti gambar diatas saya mengubah ip address menjadi 192.168.10.150 ingat ikuti aturan pengisian ip address sesuai dengan settingan jaringan pada router anda.

Kemudaian isi juga kotak isian Subnet Mask isikan dengan 255.255.255.0 dan pada Default gateway isikan sesuai dengan alamat default pada router anda seperti contoh diatas alamat default router yang saya gunakan adalah 192.168.10.1 begitu juga dengan kotak isian DNS yaitu Preferred DNS Server dan Alternate DNS Server isikan dengan DNS server ISP anda atau bisa juga dengan DNS Server lainnya juga yang anda anggap paling baik.

Setelah pengisian selesai simpanlah konfigurasi yang baru tersebut dengan mengklik OK.

Apabila berhasil maka ip address anda akan berubah sesuai dengan pengaturan baru yang telah anda buat tersebut. Untuk mengeceknya anda boleh buka kembali command prompt anda dan ketikkan ipconfig, lihat gambar berikut ini.
Dari gambar diatas sekarang ip address terlihat sudah berhasil diubah ke ip address yang baru. Demikianlah ulasan Cara Merubah IP Address Jaringan Komputer untuk kita ketahui dalam jaringan komputer.

Sekian dulu artikel kali ini untuk Cara Merubah IP Address Jaringan Komputer semoga bermanfaat. Baca artikel ane yg lain gan biar tambah ilmu hhhh.

0 komentar:

Posting Komentar